Kamis, 04 Agustus 2016

Definisi Layanan Pesan antar

Bauran Pemasaran contoh bisnis yang memanfaatkan teknologi elektronik dan mobile dalam mendukung bisnisnya adalah dengan sistem bisnis jemput bola/pesan antar.

Bagaimana sistem itu bekerja!

Memberikan layanan pesan antar
Salah satu strategi yang bisa dilakukan pelaku pasar untuk memanjakan para konsumennya yaitu dengan memberikan layanan pesan antar guna memenuhi kebutuhan pelanggan. Melalui layanan pesan antar, konsumen tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mendapatkan produk atau jasa yang mereka butuhkan. Tidaklah heran bila sekarang ini layanan pesan antar menjadi salah satu strategi jitu yang diambil pelaku usaha untuk meningkatkan omset penjualannya. Misalnya saja seperti restoran-restoran besar seperti KFC, Hoka-Hoka Bento, Pizza Hut, maupun McD, sampai pelayanan bisnis jasa seperti delivery laundry, delivery isi ulang air galon, hingga usaha jasa tambal ban panggilan, dan tukang ojek pun sekarang menggunakan sistem ini.

Menawarkan produk melalui telepon, sms, maupun email marketing
Langkah ini bisa dijalankan dengan cara menghubungi calon konsumen melalui sms, telepon, maupun mengirimkan penawaran melalui email marketing. Meskipun cara ini sudah sering dilakukan para sales marketing, namun tidak menutup kemungkinan ada sebagian besar prospek yang akhirnya tertarik membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Misalnya saja seperti mengirimkan katalog produk melalui alamat email, menawarkan produk baru dengan harga khusus melalui sms, atau menghubungi calon konsumen via telpon untuk menawarkan produk baru yang tentunya mereka butuhkan.


Nilai manfaat yang didapatkan perusahaan dari pemanfaatan teknologi tersebut

Menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat, banyak pelaku usaha yang mulai aktif memutar strategi untuk mendapatkan perhatian dari konsumennya. Jika dulu para pelaku bisnis cenderung pasif dan hanya menunggu konsumen, maka sekarang pelaku bisnis lebih aktif untuk melakukan strategi pesan antar.

Strategi ini terbilang cukup efektif, karena para pelaku usaha bisa mendekatkan perusahaannya dengan para konsumen dan memberikan kemudahan bagi para pelanggan untuk memenuhi kebutuhannya. Keluhan dari konsumen pun dapat diatasi karena adanya hubungan baik dan rasa saling percaya.

Resiko dari pemanfaatan teknologi tersebut

Jika jalan macet, barang yang dipesan konsumen bisa telat
Pengantaran pada malam hari akan membahayakan rider, karena riskan tindak kejahatan
Peluang terjadinya kecelakaan bagi rider
Persaingan dalam industri yang menawarkan layanan sejenis
Kelebihan dan kekurangan dari sistem tersebut

a)      Kelebihan

Barang yang dipesan konsumen bisa datang lebih cepat
Mampu mendongkrak pendapatan perusahaan
Barang produksi lebih dikenal konsumen
Keluhan dari konsumen bisa langsung diatasi
b)      Kekurangan

Barang yang dibeli tidak sesuai dengan pesanan yang dikehendaki pelanggan
Sistem toko yang tidak efisien (sembrono)
Karyawan yang tidak teliti atau ceroboh
Pelanggan yang memang punya kebiasaan mengeluh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar