Definisi: bauran pemasaran mengacu pada serangkaian
tindakan, atau taktik, bahwa perusahaan menggunakan untuk mempromosikan merek
atau produk di pasar. 4P membuat campuran pemasaran khas - Harga, Produk,
Promosi dan Place. Namun, saat ini, bauran pemasaran semakin mencakup beberapa
lainnya Ps seperti Packaging, Positioning, Orang dan bahkan Politik sebagai
elemen campuran vital.
Keterangan: Apa 4P pemasaran?
bauran pemasaran |
Harga: mengacu pada nilai yang dimasukkan untuk produk. Hal
ini tergantung pada biaya produksi, segmen yang ditargetkan, kemampuan pasar
untuk membayar, supply - demand dan sejumlah faktor langsung dan tidak langsung
lainnya. Ada dapat beberapa jenis strategi penetapan harga, masing-masing
diikat dengan rencana bisnis secara keseluruhan. Harga juga dapat digunakan
demarkasi, untuk membedakan dan meningkatkan citra produk.
Produk: mengacu pada item benar-benar dijual. Produk harus
memberikan tingkat minimum kinerja; sebaliknya bahkan karya terbaik pada
unsur-unsur lain dari bauran pemasaran tidak akan ada gunanya.
Tempat: mengacu pada titik penjualan. Di setiap industri,
menangkap mata konsumen dan membuatnya mudah baginya untuk membelinya adalah
tujuan utama dari distribusi yang baik atau 'tempat' strategi. Pengecer
membayar premi untuk lokasi yang tepat. Bahkan, mantra dari bisnis ritel yang
sukses adalah 'lokasi, lokasi, lokasi'.
Promosi: ini mengacu pada semua kegiatan yang dilakukan
untuk membuat produk atau jasa yang diketahui pengguna dan perdagangan. Hal ini
dapat mencakup iklan, dari mulut ke mulut, laporan pers, insentif, komisi dan
penghargaan untuk perdagangan. Hal ini juga dapat mencakup skema konsumen,
pemasaran langsung, kontes dan hadiah.
Apa pentingnya bauran pemasaran?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar